Cincin Kawin Bandung

Dalam pernikahan, cincin merupakan simbol komitmen tak terputus dari kedua mempelai. Alasan itulah yang membuat setiap pasangan sangat serius dalam memilih simbol suci mereka. Apabila Anda termasuk yang mencari, maka perlu memperhatikan tips membeli cincin kawin Bandung ini.   

Terapkan 8 Tips Ini Saat Membeli Cincin Kawin Bandung Palladium

Bahan cincin kawin bisa terbuat dari emas kuning, emas putih maupun palladium. Pilihan yang ketiga cocok sekali bagi pasangan Muslim yang memang menghindari emas untuk mempelai pria. Palladium juga dikenal lebih tahan lama, warnanya anti pudar, hypoallergenic dan ringan dipakai sehari-hari.

Tips Memilih Cincin Kawin Bandung Palladium

Cincin-Kawin-Bandung

Apabila Anda dan pasangan sudah mantap membeli cincin palladium, jangan dulu buru-buru. Berikut 8 tips yang perlu diterapkan agar nantinya cincin kawin impian tidak mengecewakan:

  1. Luangkan Waktu untuk Mencari Referensi

Anda dan pasangan perlu menyadari bahwa cincin adalah benda berharga sekali dalam seumur hidup. Tentu saja Anda menginginkan pernikahan sampai akhir hayat, bukan? Oleh sebab itu, pastikan untuk meluangkan waktu agar bisa membeli cincin kawin Bandung bersama.

Tidak perlu langsung ke toko, sebaiknya Anda browsing dulu mana saja penyedia cincin kawin yang sekiranya kredibel. Cobalah untuk masuk ke website toko tersebut dan melihat apa yang ditawarkan dalam katalog.

Pastikan apakah toko menyediakan layanan pembuatan cincin palladium custom atau tidak. Hal tersebut penting agar Anda memiliki cincin kawin yang benar-benar sesuai keinginan.

Selain itu, mintalah rekomendasi penyedia cincin kawin ke saudara maupun teman yang sudah menikah. Biasanya, mereka akan merekomendasikan toko langganan maupun toko lain yang memang berkualitas.  

2. Tentukan Budget untuk Cincin Kawin 

Kunci dalam menentukan budget cincin kawin adalah harus masuk akal. Tidak masalah apabila Anda menginginkan segala yang spesial di momen pernikahan yang sakral. Hanya saja, tetap harus menyesuaikan dengan kondisi finansial saat itu.

Uang yang digelontorkan untuk cincin kawin sudah pasti mahal, apalagi harus membeli sepasang. Apabila memilih desain yang rumit, penambahan detail seperti berlian atau aksen lain tentu harga cincin akan semakin mahal.

Oleh sebab itu, harus dipertimbangkan secara matang bagaimana cincin kawin Anda dan pasangan. Sebagai gambaran, Anda bisa mengambil sekitar 3% dari anggaran pernikahan untuk membeli cincin kawin.

Selama mencari referensi toko, jangan lupa bandingkan harganya. Pilih yang benar-benar masuk ke budget Anda tanpa perlu memaksakan diri untuk membeli yang di luar kemampuan. 

3. Diskusikan Soal Model Cincin Bersama Pasangan

Perlu diketahui bahwa model cincin menentukan harga. Semakin simple modelnya, maka harga cenderung lebih ekonomis. Sedangkan model yang rumit ditambah ornamen tertentu akan membuat harga cincin kawin Bandung lebih mahal.

Agar tidak bingung, sebaiknya langsung saja kerucutkan model seperti apa yang diinginkan. Sebab, membuat daftar terlalu panjang akan mempersulit Anda dalam memilih dengan cepat.

Berikut contoh model cincin palladium bundar klasik:

  • Shaped yaitu cincin kawin tidak dibuat sekadar bundar melainkan ada penambahan aksen tertentu pada permukaannya. Bentuk lain juga bisa ditambahkan sesuai dengan request Anda;

Berikut contoh model cincin yang dibuat dengan aksen cross line sehingga tidak sekadar bundar polos:

  • Gem set yaitu cincin kawin yang menambahkan ornamen seperti permata pada permukaannya. Tampilan cincin ini begitu menawan karena kilau ornamen tersebut.

Contoh model cincin palladium yang ditambah batu permata kecil:

Model lain yang menggunakan ornamen berupa batu zircon yang indah:

Dari ketiga model tersebut, cincin kawin plain band biasanya memiliki harga yang paling ekonomis. Apabila Anda menginginkan adanya ornamen atau aksen tambahan, maka pintar-pintarlah dalam mencari toko yang menawarkan harga terbaik.

4. Perhatikan Kadar Palladium yang Akan Dipilih

Seperti halnya emas, cincin kawin palladium juga memiliki kadar yang beragam. Ketika sudah memilih toko, nantinya Anda akan ditawari pilihan kadar palladium untuk cincin kawin.

Sebagai referensi, pilihan kadar palladium yang tersedia yaitu 50%, 75% dan 95%. Rekomendasi terbaik adalah palladium dengan kadar antara 50% sampai 75%.

Alasannya, rentang kadar tersebut menghasilkan cincin kawin yang lebih nyaman digunakan. Selain itu, cincin akan lebih awet, warnanya bertahan sampai tahunan dan tidak mudah berubah bentuk.

Apabila tidak terlalu yakin, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan pihak penyedia cincin kawin. Pasti mereka akan memberikan saran terbaik demi mewujudkan cincin impian Anda dan pasangan. 

5. Sesuaikan Pilihan Cincin dengan Aktivitas Keseharian

Apabila Anda dan pasangan termasuk tipe yang menggunakan cincin kawin sehari-hari, maka wajib menyesuaikan model dengan aktivitas Anda.

Jangan terlalu berambisi memilih cincin glamor yang rumit dengan ornamen apabila aktivitas keseharian Anda sangat sibuk dan cukup berat. Sebaiknya, pilihlah cincin kawin dengan desain comfort fit yang ramping sehingga lebih nyaman dibawa beraktivitas apapun.

Cincin palladium memang pilihan terbaik untuk pasangan yang super aktif tepat karena jenis logam ini memiliki bobot yang ringan. Terlebih, palladium tahan korosi, oksidasi dan goresan. 

Namun, bagi pasangan yang aktivitas kesehariannya tidak terlalu berat maka lebih bebas dalam menentukan desain cincin kawin. 

6. Pertimbangkan Detail pada Cincin

Salah satu cara untuk menandai cincin kawin hanyalah milik Anda dan pasangan adalah dengan menambahkan detail khusus. Misalnya ukiran nama, ukiran inisial nama Anda dan pasangan, ukiran tanggal pernikahan maupun kata-kata romantis atau penuh kenangan berdua.

Berikut contoh model cincin kawin palladium dengan ukiran nama dalam aksara Jawa:

Sangat unik, bukan? Dijamin tidak ada yang menyamai karena memiliki tanda khusus yakni ukiran nama. Mencantumkan inisial nama pasangan pada cincin kawin palladium juga tidak kalah romantis. Contohnya seperti ini:

7. Logam Cincin yang Berbeda? Tidak Masalah, kok!

Cincin couple tidak melulu harus terbuat dari logam yang sama. Apalagi jika Anda beragama Islam yang pasti sudah paham kalau emas dilarang untuk dipakai pria.

Memilih cincin kawin sepasang dengan jenis logam berbeda merupakan alternatif terbaik. Tidak perlu khawatir akan mengurangi keserasian sebab Anda bisa request model sesuai selera bersama.

Tiap toko penyedia cincin kawin pasti menawarkan model cincin couple yang cocok disandingkan walaupun bahannya berbeda. Contohnya cincin berikut ini yang menggunakan palladium untuk mempelai pria dan emas kuning untuk mempelai wanita:

8. Pastikan Mengetahui Cara Perawatan Cincin

Bahan cincin kawin yang dipilih sudah jelas yaitu palladium. Maka, Anda harus mencari tahu bagaimana cara merawat cincin palladium agar selalu indah dan tahan lama.

Logam palladium memang terbukti awet, tidak mudah berubah bentuk dan warna putihnya tidak akan pudar. Namun, perhiasan tetap memerlukan perawatan sebagus apapun kualitasnya.

Untungnya, perawatan cincin palladium sangat mudah. Anda tidak perlu membawa ke toko emas untuk mencuci cincin agar warnanya tidak terkikis. Cukup melakukan perawatan di rumah dengan merendam cincin dalam air hangat setiap selesai beraktivitas.

Dengan begitu, cincin sudah dalam kondisi bersih saat akan digunakan pada pagi harinya. Cara lain adalah dengan membuat campuran air perasan lemon dan soda yang nantinya membentuk pasta.

Dengan pasta itulah, seluruh permukaan cincin palladium akan dibersihkan. Jangan lupa untuk menggunakan lap yang lembut dan bersih. 

Apakah sudah terbayang cincin kawin Bandung seperti apa yang Anda inginkan? Kalau begitu, pesanlah jauh-jauh hari agar hasilnya lebih maksimal dan benar-benar sesuai dambaan.

Penyedia cincin kawin palladium yang bisa jadi partner terpercaya bagi Anda adalah Kotagede Jewellery. Anda bebas memilih cincin dari katalog maupun memesan secara custom.