Apa itu Palladium? Kenali Karakteristik dan Keunggulan Logam Unik Bahan Dasar Pembuatan Perhiasan

Perhiasan umumnya digunakan untuk memperindah penampilan. Namun lebih dari itu, perhiasan biasa dijadikan mahar untuk pernikahan atau pertunangan. Perhiasan berupa cincin dinilai sangat sakral sehingga dalam pemilihannya tidak bisa sembarangan dilakukan. Salah satu jenis perhiasan yang sedang marak dicari karena keunikannya yaitu perhiasan berbahan logam palladium.

Apa itu palladium? Tidak jauh berbeda dengan bahan dasar pembuatan perhiasan lainnya, palladium sering disandingkan dengan platinum. Bahan yang relatif lentur sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan cincin dengan warna putih perak yang cemerlang. Bahan ini berasal dari reaksi antar beberapa unsur namun tetap aman untuk dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

Apa itu Palladium dan Karakteristik Palladium

Apa itu Palladium? Palladium termasuk dalam logam turunan platinum bisa membuat siapa saja tertukar saat mengidentifikasinya. Palladium memiliki beberapa karakteristik utama yang bisa dikenali lewat kasat mata atau dikenali lewat pemakaiannya selama beberapa waktu. Kenali karakteristik logam palladium lewat pemaparan singkat berikut ini untuk mencegah kekeliruan:

  1. Warna Putih Keperak yang Jernih

Palladium sebagai logam mulia turunan dari platinum memiliki karakter warna perak yang jernih. Dalam beberapa jenis barang yang menggunakan palladium bisa memantulkan bayangan layaknya cermin. Berbeda dengan jenis logam lainnya, palladium tidak perlu dipoles hingga berulang kali agar mendapatkan hasil yang jernih.

 

  1. Relatif Mudah Dibentuk

Para pengrajin penghiasan berpendapat bahwa logam palladium lebih mudah dibentuk alias elastis bila dibandingkan jenis logam main seperti emas. Saking mudahnya dibentuk, palladium bisa ditempa hingga setipis daun tanpa terlihat keretakan di permukaan logamnya. Hal ini yang akhirnya menjadikan palladium lebih banyak dipakai.

 

  1. Dapat Menahan Korosi di Udara

Logam ini juga memiliki tingkat ketahanan korosi yang cukup tinggi saat berada di udara bersuhu stabil. Palladium juga banyak digunakan dalam berbagai industri mulai dari industri otomotif hingga industri kesehatan. Logam ini dipercaya bisa menahan korosi di udara hingga berpuluh tahun asalkan tidak terkena sulfur atau asam nitrat secara intensif.

 

  1. Bereaksi Terutama pada Unsur Sulfur

Logam palladium memang tahan korosi di udara, namun bila logam didekatkan dengan sulfur susunan molekulnya bisa rusak secara perlahan. Maka dari itu sangatlah jarang logam ini disandingkan di dekat sulfur agar bentuknya tetap terjaga. Apa lagi pada kasus pemanfaatan logam di bidang industri berskala besar.

 

  1. Logam Langka dari Pembentukan Reaksi

Palladium termasuk logam langka walaupun terbentuk dari hasil reaksi berbagai unsur. Logam ini disebut langka karena cara pembuatannya yang dikatakan cukup rumit untuk mendapat hasil terbaiknya. Palladium dengan waran perak jernih dan permukaan yang halus hanya bisa diproduksi oleh pihak yang ahli di bidangnya.

 

  1. Logam Tahan Lama

Walaupun mudah ditempa dan dibentuk logam ini memiliki karakteristik tahan lama. proses pemadatan yang telah dilalui logam palladium membuatnya tambah kuat. Palladium juga bisa menyerap hidrogen dan menjadikannya anti gores karena bisa mengembangkan molekul di dalamnya dan menutupi goresan dari luar.

Apa itu Palladium dan Keunggulannya sebagai Perhiasan

Mengetahui apa itu palladium beserta karakteristiknya tidak lengkap bila tidak mengetahui keunggulannya sebagai perhiasan. Ada sedikitnya 10 keunggulan yang bisa jadi bahan pertimbangan. Palladium sebagai logam turunan memiliki keunggulan yang menjamin kenyamanan bagi para pemakainya. Apa saja keunggulan palladium terutama sebagai bahan pembuatan perhiasan cincin?

  1. Warna Unik dan Menarik

Warnanya yang cemerlang jadi keunggulan pertama yang dimiliki palladium. Kini berkembang metode pencampuran palladium dengan emas putih sehingga hasilnya lebih menarik. Tidak jarang stok palladium habis karena peminat terus berdatangan untuk membuat perhiasan salah satunya cincin untuk acara yang sakral.

 

  1. Tahan Terhadap Karat

Hasil dari pemadatan logam yang cukup rumit membuat ketahanan palladium akan oksidasi logam tidak perlu diragukan lagi. Palladium bisa mempertahankan struktur permukaannya dalam jangka waktu yang lama. Keunggulan ini yang membuat cincin palladium layak dijadikan bahan investasi bahkan jadi warisan secara turun temurun.

 

  1. Tidak Menimbulkan Alergi

Cincin dari palladium juga tidak menimbulkan alergi pada penggunanya karena termasuk logam dengan sifat hipoalergenik. Yakni sifat benda yang tidak menimbulkan iritasi atau alergi tertentu. Tidak perlu khawatir dalam penggunaannya karena perhiasan berbahan palladium bisa dikenakan oleh berbagai jenis kulit dari berbagai cakupan usia.

 

  1. Kualitas Terjamin

Kualitas logam palladium juga tidak perlu diragukan lagi. Sering disandingkan dengan platinum, logam turunan ini kini jadi bahan favorit untuk pembuatan perhiasan termasuk cincin. Walaupun memiliki kualitas terjamin justru harganya tidak semahal jenis logam lainnya. Kualitas inilah yang membuat logam ini banyak diminati.

 

  1. Bobot Perhiasan yang Ringan

Tak jarang seseorang merasa tak nyaman karena barang yang dipakainya terlalu berat. Sementara untuk perhiasan cincin biasanya harus dipakai sebagai bentuk identitas. Cincin dari logam palladium menawarkan Anda sensasi ringan ketika memakai perhiasan. Jadi Anda bisa tetap beraktivitas tanpa merasa terganggu.

 

  1. Mudah Dibentuk

Sering kali konsumen mengajukan desain perhiasan sesuai dengan kemauannya. Namun terkadang desain sudah dibatasi karena sulit membentuk bahan bakunya. Berbeda dengan palladium yang mudah dibentuk sehingga tidak masalah untuk menerima pesanan jenis custom. Tentu saja ini bisa jadi kemudahan bagi siapapun untuk mendapatkan perhiasan impiannya.

 

  1. Hanya Perlu Dirawat dengan Cara Sederhana

Untuk menjaga kilau warnanya perawatan perhiasan berbahan logam palladium bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Cukup dengan mengelap permukaannya dengan kain lembut dan kering. Tidak ada perlakuan khusus yang harus dilakukan agar perhiasan tetap terjaga. perlu diketahui, jauhi logam palladium dari bahan sulfur agar tidak rusak secara permanen.

 

  1. Mampu Dijual Kembali dengan Harga Tinggi

Desain unik dengan warna yang cemerlang membuat perhiasan palladium sering kali dijual kembali dengan harga tinggi. Ini bisa dimanfaatkan bagi Anda yang ingin menambah koleksi sekaligus berinvestasi. Harga jual tentu saja dipengaruhi oleh nilai tukar uang, maka dari itu perhatikan kurs penukaran agar nilai jual maksimal.

 

  1. Awet Meski Banyak Tertempa

Molekul dalam logam palladium memiliki kemampuan unik yakni bisa mengembang seiring berjalannya waktu. Bila permukaannya tergores maka akan cepat tersamarkan bahkan kembali seperti sedia kala. Kemampuan istimewa ini menjadikan perhiasan awet meski tertempa berkali-kali. Anda tentu menginginkan barang bagus dan awet, bukan?

 

  1. Kepemilikan Perhiasan yang Eksklusif

Tidak semua toko perhiasan menyediakan perhiasan dengan logam unik ini terlebih tidak banyak produsen yang ahli dan memproduksi logam secara masal. Beruntung bagi Anda yang memiliki perhiasan palladium karena perhiasan diproduksi secara eksklusif. Bagi siapapun yang tidak menyukai barang mainstream, palladium bisa jadi pilihannya.

Penelusuran terkait apa itu palladium selalu menarik perhatian karena mulai diminati banyak kalangan. Tidak ada salahnya untuk memilih perhiasan berbahan dasar logam ringan ini karena minim akan efek negatif. Karakter dan keunggulannya bisa jadi penjamin kenyamanan pemakaiannya. untuk tahu lebih jelas tentang apa itu palladium Segera kunjungi Kotagede Jewellery untuk memiliki cincin berbahan dasar logam unik ini.